3.12.09

Digital Comics Right

Baru-baru ini Marvel mengumumkan kalau perusahaanya telah meneken kontrak dengan iTunes. Bentuknya adalah mengijinkan Marvel Comics untuk mendistrubusikan komik mereka agar dapat ditayangkan di iPhone dan iPod Touch. Tentu saja bentuk kerjasama ini dapat dipahami sangat menguntungkan bagi Marvel karena belakangan ini segala produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple sangat laris manis dipasaran dunia.



Sebenarnya Marvel bukanlah pertama kalinya penerbit komik melakukan penjualan lewat sistem Digital, namun faktanya ini adalah yang pertama bagi perusahaan sebesar Marvel, terutama karena Marvel sendiri juga memiliki jasa pelayanan Digital bagi komik-komiknya dan ternyata mereka juga memutuskan untuk menggunakan Apple.

Banyak yang merasa bahwa kerjasama ini merupakan terobosan baru di pasar distribysi komik, tapi melihat kenyataannya bahwa kerjasama ini sepertinya tidak dikonsep secara matang, karena konsumen komiklah yang menentukan mereka akan membeli atau tidak membeli system seperti ini.

THE APPLICATION
Terdapat empat aplikasi yang dapat dipergunakan untuk membeli lewat iTunes store, aplikasi tersebut adalah Comixology, iVerse, Panelfly dan Scrollmotion. Walaupun ternyata ada perusahaan yang telah membuat aplikasi sejenis sebelum kerjasama ini dalam mendistribusikan komik digital seperti aplikasi Longbox.

Permasalahan yang muncul pada beberapa aplikasi diatas adalah bahwa mereka tidak bisa mempergunakan jenis file yang sama, jadi saat kira membeli sebuah ponsel (contohnya iPhone) maka aplikasi tersebut tidak akan bekerja di iPhone yang lain. Bahkan jika tidak mengganti ponselpun, aplikasi yang satu tidak akan bisa dipakai untuk membaca komik di aplikasi yang lain. Kesalahan-kesalahan ini mirip dengan kesalahan yang terjadi pada HD DVD players, UMD movies untuk PSP atau Zip Drives.

Kesalahan-kesalahan yang lain adalah seperti ini: beberapa komik sebenarnya sudah bisa dibeli di iTunes, dan tidak akan bisa dipakai kecuali kita harus melakukan update OS iPhone kita menjadi 3.0. Harga yang harus dibayar adalah sekita 9,99 dolar.

THE PROBLEM
Cara yang lebih baik untuk memasarkan komik digital sebenarnya adalah mengembangkan system yang dapat menggunakan satu tipe file yang sama dan dapat dipakai diseluruh aplikasi sejenis. Contohnya adalah seperti format mp3 pada ranah music. Kita dapat memainkan format ini diberbagai aplikasi, mulai dari aplikasi computer hingga portable player tanpa kesulitan. Konsep seperti inilah yang sebenarnya harus dibidik oleh distributor komik digital. Apalagi industry komik relative industry yang lebih kecil jangkauannya dibandingkan dengan industry music, film atau game, jadi seharusnya persamaan visi diatas lebih mudah tercapai.

Dari berbagai aplikasi komik digital yang ada, yang paling mendekati konsep diatas adalah aplikasi Longbox, dimana aplikasi ini mirip dengan iTunes yang dapat dipakai di tiga OS (Windows, Mac dan Linux). Aplikasi Longbox ini memiliki format aplikasi sendiri dan dapat memakai format atau tipe files yang lain juga, karena iut secara teoritis aplikasi ini lebih adaptif daripada empat aplikasi sejenis. Sayangnya Longbox masih dalam tahap Beta Testing dan belum mengikat kontrak dengan perusahaan komik manapun.
Aspek bagus lain dari Longbox adalah software ini lebih mengincar pengguna computer ketimbang pengguna seluler mobile. Mengingat fakta bahwa hampir seluruh perusahaan komik lebih mengincar pengguna mobile devices ketimbang pengguna computer. Hal ini seperti berusaha berlari sebelum bisa berjalan.

Argumennya adalah bahwa sekarang ini iPhones merupakan gadget yang sangat diminati oleh publik. Namun jika dibandingkan bahwa pengguna computer lebih banyak daripada pengguna iPhones. Apalagi jika dinalar dengan logika, lebih baik membaca komik dilayar yang lebih lebar (di computer) daripada harus membacanya di layar kecil berukuran tiga inci (iPhone).

Mungkin membaca komik per panel akan lebih menarik di iPhones atau mobile devices yang lain. Tetapi ternyata tidak mungkin bisa menggantikan sensasi membacanya jika satu halaman penuh. Ambil contoh komik Wacthmen, mungkin pertama kita membacanya dalam portable devices akan bisa dimengerti karena format panelnya yang tidak berantakan atau tertata rapi dalam kotak-kotak, tetapi ternyata keindahan pada chapter 5: Fearful Symmetry tidak terlihat sama sekali. Apalagi jika kita membaca komik yang memiliki splash page yang lebih komplek dan rumit seperti yang terlihat di karya-karya J.H Williams III pada komik Detective Comics atau karya-karya George Perez yang penuh dengan karakter.

THE PIRATES
Mungkin salah satu factor industry komik lebih menggunakan service dari iTunes daripada menggunakan computer personal adalah karena mereka tidak ingin komik-komik mereka di sharing lewat situs-situs torrent dan lain-lain. Seperti yang terjadi pada industry komik dan film. Karena itulah sampai sekarang Marvel Digital Comic tidak memiliki fitur untuk mendownload komik-komik mereka. Hanya menggunakan system stream (seperti Youtube) yang bisa dibaca dengan koneksi internet lewat situs resmi Marvel.

Pada masa-masa sekarang ini, membuat sesuatu yang downloadable tentunya akan berakhir pada shared untuk khalayak luas (contohnya youtube yang pada awalnya tidak bisa di download, ternyata banyak software-software untuk mendownloadnya). Tetapi ternyata fakta yang mengejutkan adalah bahwa komik telah disharing seperti itu. Hampir setiap minggunya ada sekelompok orang-orang baik yang membeli komik dan menscannya dan menguploadnya di internet sehingga bisa di download oleh semua orang. Tengok saja forum-forum di luar negeri maupun di Indonesia sendiri seperti di forum Kaskus atau Kafegaul. Walaupun sebenarnya para scanners tersebut tidak dibayar oleh siapapun. Apalagi mereka melakukan scanning dengan kualitas gambar lebih bagus daripada komik-komik Digital yang dikeluarkan oleh Marvel.

Fakta yang lain jika dibandingkan dengan industry komik adalah bahwa orang-orang (di luar neger) lebih banyak menghabiskan uang mereka untuk membeli music secara legal daripada orang-orang mendownload music gratisan lewat berbagai situs sharing.

Tentu saja contoh diatas belum terbukti secara ilmiah lewat penelitian dalam ranah industry komik. Apalagi seperti yang dikatakan diatas bahwa industry komik relative kecil dan kurang memiliki distribusi online yang bagus, sehingga sulit untuk dibuktikan apakah mendownload komik secara illegal dapat mempengaruhi industry komik secara keseluruhan, mengingat sangat mudahnya mendownload komik illegal.

Perlu dilihat juga bahwa sebagian besar fans komik merupakan fanatic yang memiliki mental-mental kolektor yang tidak akan berhenti kebiasaan membeli komik gara-gara berpindah kejalur download komik illegal. Malahan sisi positifnya adalah bahkan jika secara illegal, komik digital yang dapat didownload akan membawa banyak consumen-konsumen baru yang menyukai komik. Sehingga industry komik dapat berkembang dengan cepat, apalagi kita tahu bahwa industry komik memiliki skala yang kecil.

THE CONCLUSION
Hal-hal diataslah yang menunjukan bahwa komik digital harus dapat berkembang di masa depan. Menggunakan format yang sama sehingga mengijinkan pembaca untuk memilih platform mereka tanpa harus membeli aplikasi yang terpisah serta tanpa memikirkan mengenai pembajakan. Contoh pembajakan yang sering terjadi adalah dengan mengganti extension file dari WinRar/Zip menjadi CBR atau CBZ, yang bisa dilihat di program-program pembacanya seperti CD Display.Menengok dari pengalaman yang ada di industry music, solusinya adalah dengan menyamaratakan format seperti yang dikatakan di atas, dimana program seperti Winamp dan Windows Media Player dapat digunakan untuk mendengarnya walaupun yang versi mp3 bajakan sekalipun, dan masih dapat digunakan untuk mendownload versi berbayarnya.

Tidak ada komentar: